Sejarah Alifa Craft

Alifa Craft merupakan UKM yang bergerak di bidang kerajinan pembuatan souvenir untuk pernikahan. Usaha ini dimulai sejak tahun 1990 yang didirikan oleh Bapak Alip Hadi P. Beliau dulunya merupakan salah satu karyawan yang bekerja di usaha kerajinan kipas bambu yang ada di Yogyakarta. Namun, karena Ia mengetahui bahwa disekitar tempat tinggalnya terdapat banyak ibu rumah tangga dan pemuda yang menganggur, Ia mulai membuat bisnis sendiri di bidang kerajinan kipas bambu.

Pada awal bisnisnya, Beliau memiliki 2 karyawan pengrajin kipas. Namun, karena permintaan kerajinan kipas bambu tinggi hingga sekarang karyawannya berjumlah 50. Setiap minggunya Alifa Craft memproduksi sekitar 20.000 unit kipas bambu yang akan dikirim ke berbagai penjual souvenir di Indonesia. Hasil produksi ini dikirm ke berbagai kota diantaranya Jakarta, Surabaya, Makasar, dan Bali.

Produk kipas bambu Alifa craft terdiri dari beberapa macam kipas sesuai dengan ukuran tangkai kipas, yaitu ukuran jari-jari 14cm, 19cm, dan 25cm. Selain itu, kain yang digunakan juga beraneka ragam, seperti kain sifon, kain katun bermotif batik, dan lain sebagainya.

Kian banyaknya permintaan souvenir pernikahan yang bermacam-macam, Alifa Craft mulai berekspansi untuk menjual souvenir lain, selain kipas bambu. Mulai tahun 2011, Alifa craft mulai menjual souvenir pernikahan dari gerabah, kayu, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *